Senin, 20 Oktober 2008

Ucapan Syukur BagiNya untuk Alam yang Masih Terjaga

OLeh: Argax Batax
NRP.SG.B.088805.PL


Sebuah gejolak untuk berucap syukur yang tak mampu tertahan kalbu ketika aku sadar bahwa Ibu Pertiwi masih memiliki sedikit hutan yang masih bisa dinikmati. Udara yang masih sejuk dengan rimbunan pohon pinus menjadi teman dalam dua hari kegiatan ku. Sungguh tidak terbantahkan bahwa beragam flora , fauna dan hutan hijau nan sejuk adalah suatu anugerah yang Ia karuniakan bagi nusantara. Lalu mengapa kita tidak menjaga dan mulai menciptakan daerah hijau lain walaupun kecil disekitar kita?

Dalam kelelahan yang teramat sangat dan rangakaian kegiatan yang belum selesai, aku menyadari bahwa sesungguhnya alam ini masih menyimpan kekayaan. Udara sejuk yang mulai langka untuk dihirup di daerah perkotaan, air segar yang terus mengalir tanpa tercemar berbagai limbah pabrik, kicauan burung bahkan belantara yang masih hijau dibalut embun bening merupakan sebuah bentuk harapan, harapan untuk membangun kembali alam ini, menjadikan “nya” primadona saat seluruh warga kota penat dengan segala kegiatannya.

Aku ingin setiap kita sadar bahwa kita masih memiliki kumpulan daerah berbungkus pohon pohon dan belantara. Aku ingin kita menjaga dengan tidak mencemari bumi dan aku ingin kita menciptakan bentuk bentuk kecil serupa di sekitar lingkungan kita. Lihat lah betapa indahnya bila rumah dengan sentuhan taman berukuran kecil, atau lingkungan komplek dengan jejeran tumbuh tumbuhan ditambah suasana nyaman yang tak tergenang banjir.

Aku ingin setiap kita berkata:

Aku rindu alam…

Aku rindu dinginnya hutan…

Aku rindu gemericik air, yang riuh begejolak tak henti…

Aku rindu itu…aku ingin itu…dan aku tahu aku masih punya semua itu.


Tidak ada komentar:

Peta Visitor Mapala-SG dari Seluruh Dunia

Puncak Gunung Semeru Jawa Timur

Puncak Gunung Semeru Jawa Timur
Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa, 3.676 mdpl. Tiap "Hari Sakral 17 Agustus" (kemerdekaan RI), dijadikan tempat berkumpulnya pencita alam se-Indonesia. Letupan abu vulkanik, adalah salah satu kekhasan gunung ini.